Loading...
Loading...

Nama Latin Daun Kelor | Moringa oleifera.

Nama Latin Daun Kelor | Moringa oleifera. Nama ilmiah daun kelor adalah Moringa oleifera. Tumbuhan ini sekarang menjadi primadona. Banyak sekali testimoni dari berbagai pihak yang menyatakan kalau daun kelor memiliki manfaat yang sangatanyak untuk kesehatan. Banyak orang yang mencari dan ingin menanam pohon kelor di depan rumahnya karena tertarik dengan manfaatnya.

Saat masih kecil, saya tumbuh besar di daaerah Jember, Jawa timur. Dimana tanaman kelor tumbuh subur dan menjadi sayuran rakyat. Hampir setiap rumah menanam kelor. Dan seminggu 3 kali ibu pasti menyayur daun kelor. Sayur kunci daun kelor sangat terkenal. Selain karena cara membuatnya mudah, juga karena rasanya sangat segar. Apalagi daerah Jember termasuk daerah beriklim tropis, yang kalau siang hari terasa panas. Untuk menyayur daun kelor biasanya di tambahkan lemaran irisan kates muda atau jagung manis yang di potong kecil-kecil. Sebagai lauknya biasanya tempe goreng atau perkedel jagung dan penyet tempe kukus. Untuk lebih jelasnya, cara memasak daun kelor dapat di lihat diartikel : Kuliner daun kelor.


Kelor adalah tumbuhan berkayu yang bebunga sepanjang tahun. Tahan cuaca ekstrim dan memiliki masa hidup yang panjang. Semakin sering di pangkas, pohon kelor akan semakin berkembang. Tumbuhan ini berasal dari daerah Asia Selatan yang menyebar ke seluruh daratan Asia hingga sampai ke Indonesia. Di Indonesia, tumbuhan ini di tanam di pekarangan sebagai tanaman pangan dan herba. Berberapa bagian tumbuhan ini dapat di konsumsi. Seperti daun, bunga dan buah. Buahnhya panjang dan ramping. Di india, buah kelor sangat terkenal dan di gunakan sebagai campuran dhal atau kari.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Daun Kelor

Kingdom: Plantae
Sub Kingdom : Trachebionta
Super Divisi: Spermathophyta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Brassicales
Family: Moringaceae
Genus : Moringa
Spesies: Moringa oleifera

Nama lain Daun Kelor: Murong (Aceh), Marunggai/Munggai (Minangkabau), Kilor (lampung), Kelor (jawa & Sunda), Marangghi (Madura), Keloro (Bugis), Kawona (Sumba), Ongge (Bima), Moltong (Flores), dll.

Nama Asing: Drumstick tree / horeseradish tree (Inggris / Amerika), Ben aile /benzolive ( Prancis), Ma-rum (Thailand), Malunggay (Philipina), Kalor ( Malaysia), Acacia branca / Marungo (Portugis), Cedro (Brazil), Shobhajan (India), La mu (China Mandarin), dll.

Bagikan :
Back To Top