Loading...
Loading...

Nama Latin Talas atau keladi | Colocasia esculenta

Nama latin dan Nama Ilmiah Talas atau Keladi adalah Colocasia esculenta. Talas adalah tanaman umbi-umbian yang paling mudah di temui di pekarangan rumah penduduk didesa-desa. Umbi tanaman ini sangat mudah tumbuh meski tidak di kehendaki. Bisadi katakan, begitu umbi tanaman ini menyentuh tanah lembab, maka mata tunas akan segera muncul. Lalu tunas menjadi batang, dan akar menghujam ke tanah untuk menghasilkan umbi baru. Jadi jangan heran, jika tanaman ini sering di jumpai sebagai sebagai tanaman liar. Karena memusnahkannya tidak mudah. Selama ada umbi yang masih tersisa dalam tanah, maka tunas talasaru akan terus bermunculan.

Talas merupakan tanaman monokotil dengan sistem perakaran yang pendek. Tumbuhan ini berasal dari daerah Asia Tenggara dan Asia tengah bagian selatan. Dan sangat populer di negeri China dan Indonesia. Bahkan di beberapa daerah di mana tanaman padi tidak dapat tumbuh, seperti di papua, umbi Talas menjadi makanan pokok pengganti nasi. Bukan hanya di Indonesia, di Hawai dan beberapa kepulauan Polinesia, talaas di buat pasta lalu di fermentasi untuk di jadikan puding. Selain itu karena kadar gulanya rendah, talas menjadi sumber karbohidrat bagi para penderita diabetes.


Macam-macam Talas

Setidaknya ada 4 macam Talas yang di kenal masyarakat, yaitu:

  • Talas pandan: menyebarkan aroma pandan wangi saat direbus. Ciri-cirinya, berwarna sedikit ungu, dan pangkal pelepahnya berwarna agak merah.
  • Talas ketan / Talas bogor: agak lekat (lengket) seperti ketan saat sudah direbus. Warnanya hijau muda, dan kerap membuat anakan banyak sekali. 
  • Talas banteng: besar umbinya, tetapi sayang, tidak enak rasanya. Talas ini tangkainya warna ungu.
  • Talas lahun anak: talas ini punya banyak anakan, tetapi sayang, kecil-kecil ukurannya.

Nama Latin Keladi / Talas  dan Klasifikasi Ilmiah Talas

Kingdom : Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
       Kelas: Liliopsida
          Ordo: Alismatelas
        Famili: Araceae
    Genus: Colocasia
Spesies: Colocasia esculenta L.

Nama lokal talas: Keladi (Miangkabau), mbote (Jawa), komo / dilago (Maluku), taro (nias), dll.
Nama asing talas: Taro (Inggris), Yam (china), Dasheen (jepang), dll.
Bagikan :
Back To Top