Loading...
Loading...

Nama Latin Kecubung | Datura Metel.

Nama Latin atau Nama Ilmiah tumbuhan kecubung adalah Datura Metel. Tumbuhan dari suku terong-terongan ini memiliki ciri khas yaitu bunganya yang seperti terompet. Karena itu di kenal juga sebagai tumbuhan bunga terompet. Karena terkelompok dalam suku Solanaceae, maka kecubung bersaudara dekat dengan terong, cabe, tomat dll. Meski kecubung tidak mempunyai nilai ekonomis setinggi cabe ataupun tomat ataupun terong, tapi tumbuhan ini memiliki khasiat obat yang tidak banyak di ketahui orang. Masyarakat umum, lebih mengenal kecubung sebagai tanaman penghias halaman yang beracun. 

Tanaman keucbung bisa di temukan di tempat-tempat beriklim tropis seperti di Asia tenggara dan Amerika. Asal tanaman ini tidak ketahui dengan pasti, tapi yang jelas, tanaman ini pertama kali di kenalkan pada tahun 1753 oleh Carolus Linnaeus, bapak Taksonomi Modern. Kecubung dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah hingg 900 Mdpl. Tumbuhan ini banyak di temui dihutan-hutan sumatera dan di pekarangan rumah penduduk yang memiliki kolam ikan emas. Karena Ikan emas sangat menyukai daun ini.


Ciri Marfologi Kecubung

Ciri marfologi yang utama dari tumbuhan ini selain bunganya yang berbentuk seperti terompet adalah daun dan buahnya. 
  • Bunga kecubung begitu Khas. Bentuknya yang seperti terompet terbalik, mekar di malam hari dan menyebarkan aroma harum di udara. Mahkota bunga ada yang berwarna putih atau ungu. 
  • Daun kecubung berwarna hijau, tipis, lemas, berbentuk oval dengan bagian tepinya yang berlekut tajam dan letaknya berhadap-hadapan. Ujung dan pangkalnya meruncing serta tulang daunnya tersusun menyirip. 
  • Buah kecubung berbentuk bulat dengan diameter 4-5 cmdan memiliki tonjolan-tonjolan seperti kulit durian, namun tidak terlalu tajam. Warnanya hijau dengan ujung tonjolan berwarna gelap. Di dalam buah terdapat biji sebesar buah kopi tapi gepeng dan berwarna kecoklatan.
  • Batang tumbuhan kecupung sepintas mirip batang terong atau tekokan, hanya saja lebih keras dan tebal sehingga tidak mudah patah atau melengkung seperti terong atau tekokan.

Klasifikasi Ilmiah Kecubung Datura Metel

Kingdom : Plantae 
Filum         : Magnoliophyta 
Kelas         : Magnoliopsida 
Ordo         : Solanales 
Familia     : Solanaceae 
Genus       : Datura 
Spesies      : Datura metel

Jenis-jenis Kecubung

Setidaknya ada 3 jenis yang sangat terkenal yaitu 
Kecubung Kasihan (Datura metel) yang bunganya berwarna putih dan 
Kecubung ungu (Datura stramonium)yang bunga dan batangnya juga berwarna ungu.
Kecubung hutan (Brugmansia sp) yang bunga nya ada yang berwarna merah, kuning, oranye dll

Tumbuhan kecubung termasuk dalam kategori tumbuhan beracun yang memiliki khasiat herbal. Racun kecubung terdapat di semua bagian tumbuhan. Mulai dari akar, batang, daun, bunga hingga biji. Racun kecubung berasal dari senyawa kimia alkaloid yang memiliki efek halusinogen dan anestesi.

Nama Lain kecubung: Bunga terompet, Datura fastuosa, Daturae folium, Hindu datura, Datura sauveolens, Datura stramonium, Hyoscyamus niger, Black Henbane, Devil's Trumpet, Metel, Downy Thorn-Apple.

Nama Lokal Kecubung: Cubung (jawa / sunda), cobhung (madura), babotek (timor), bulutube (gorontalo), karontungan, tahutungan, taruapalo, dll


Bagikan :
Back To Top