Loading...
Loading...

Nama latin Brojolintang (Iris Domestica)

Brojolintang atau Brojo lintang awalnya memiliki nama latin Belamcanda chinesnsis /Belacmcanda sinensis. Namun pada tahun 2005 berubah nama menjadi Iris domestica. Perubahan nama itu didasarkan pada bukti sekuens dan DNA molekuler. Dan lagi, secara taksonomi, Brojo lintang masuk dalam suku Iridaceae. Selain nama latin Belamcanda sinensis dan Iri domestica, Brojolintang memiliki banyak sinomim, diantaranya Belamcanda flabellate, B.pampaninii, Bermudiana guttata, Epidendrum domesticum, Ferraria ceocea, Gemmingia chinensis, Ixia chinensis, I. ensifolia, Moraea chinensis, M. Gutatta, Pardantus nepalensis, P. sinensis, P. chinensis, Vanilla domestica.

Brojolintang adalah tumbuhan liar menahun yang banyak di jadikan tanaman hias dan berkhasiat obat. Batangnya tegak dengan daun mirip kipas. Sepintas daunnya mirip daun gladiol dengan tepian rata. Tinggi tanaman brojolintang sekitar 50-150 cm. Habitat tumbuh terbaiknya adalah di dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 2000 M diatas permukaan laut.

Brojolintang aslinya berasal dari Cina, Jepang, Nepal, India, dan wilayah Asia Tenggara sebelum akhirnya menyebar ke Benua Eropa dan Amerika. Di Indonesia, tumbuhan ini banyak di jumpai di pulau Sumatera, Jawa, Maluku, dan Sulawesi.

Brojolintang memiliki bunga hemaprodite yang ada di ujung batang. Warna mahkota bunga jingga kekuningan dengan totol yang mirip anggrek macam. Setelah berbunga, Brojolintang akan berbuah. Buahnya berbentuk oval lonjong seperti kapsul dan berwarna hijau. kapsul bunga Brojolintang memiliki garis di tiga sisinya yang akan merekah terbuka begitu buah telah matang menunjukan bijinya yang berwarna hitam bergerombol mirip buah Blackberry. Karena itu di beberapa tempat, tumbuhan Brojolintas di kenal dengan sebutan blackberry lily. 


Klasifikasi Ilmiah Brojolintang

Kingdom: Plantae
Divisi   : Tracheophyta
Kelas   : Magnoliopsida
Ordo    : Asparagales
Famili  : Iridaceae 
Genus   : Iris L. (Before: Belamcanda)
Spesies : Iris domestica (Before: Belamcanda chinensis)

Nama Daerah: Brojo lintang, Jamaka, suliga (Sunda), Semprit, wordi (jawa), Karimenga kulo, katna, ketep, ketew, kiris (minahasa), Akar Brojolintang.

Nama Asing:  Blackberry lily, Leopard flower, Abaniko (filipina), Abanico (spanyol), Waan meetyap (Thailand utara) Waan haangchaang (Bangkok), she-gan (cina).
Bagikan :
Back To Top