Loading...
Loading...

Nama Latin Andalas

Nama Latin Andalas adalah Morus macroura. Andalas adalah tanaman Asli pegunungan himalaya yang tumbuh subur di hutan Sumatera. Terutama SUmatera barat. Karena itu tumbuhan ini diangkat menjadi Flora Indentitaas Propinsi Sumatera Barat.

Andalas di kenal karena kayunya sangat bagus dan sejak dulu di gunakan dalam bahan bangunan rumah adat. Tapi sayang, karena kurangnya pelestarian, kayu dari pohon Andalas saat ini sudah jarang di temui dan menjadi langkah. Kalau pun nekat ingin memperoleh kayunya, harus berjalan jauh berhari-hari menembus belantara. Karena populasinya yang terus berkurang, saat ini mungkin hanya bisa di temui satu tanaman dewasa dalam satu hektar lahan.

Selain di manfaatkan kayunya yang terkenal kuat dan tahan serangga serta tidak mudah lapuk oleh panas dan hujan, daun Andalas juga bisa di manfaatkan sebagai paakan ulat sutera. Karena berkerabat dekat dengan tanaman Murbei (Morus alba), maka daun dan batangnya pun hampir mirip. 

Daun Andalas berupa daun tunggal yang tumbuh berselang-seling dengan daun menyirip berbentuk bulat hari dengan ujung yang lancip dan pinggiran daun bergerigi lembut. Yang membuat Andalas berbeda dengan Murbei adalah karena permukaan daun, cabang dan tangkai daunnya berbulu. Dan bulu itu berbisa karena bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit yang sensitif.

Sepertinya hal nya Murbei, Andalas juga memiliki bunga dan buah serta menghaislkan biji. Bunga berupa bungaa majemuk yang muncul di ketiak daun. Bunga berbentuk malai sepanjang 10 - 15 cm, dan berumah dua. Agar bunga bisa menjadi buah masak, di perlukan waktu 6 bulan. Buah yng masih mentah berwarna kuning kehijauan dan jika maatang akan berwarna merah keungguan dan berasa manis sedikit asam. Setiap buah memiliki beratus-ratus biji berukuran kecil. Dengan biji itu, tumbuhan Andalas berkembang biak secara sendirinya dengan bantuan burung dan satwa hutan lain. Perbanyakan tanaman oleh manusia, lebih banyak di lakukan dengan menggunakan stek akar di bandingkan stek batang.

Kekuatan dan kemampuan kayu Andalas meolak serangan hama dan cuaca, di sebabkan oleh kandungan Andalasin A dan B, yaitu suatu zat yang bersifat antinematoda dan anti cendawan. Selain itu kayu Andalas juga mengandung Stubene Dimmer, mulberrosida C, guangsangin, Kuwanon, mulberrofurab, dll.


Klasifikasi Ilmiah Andalas

Kingdom: Plantae 

Subkingdom: Tracheobionta 
Super Divisi: Spermatophyta 
Divisi: Magnoliophyta 
Kelas: Magnoliopsida 
Sub Kelas: Dilleniidae 
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae
Genus: Morus 
Spesies: Morus macroura




Nama Lokal: Andalas (Sumatera) Hole tanduk (Batak), Andaleh (Minangkabau), Kertau.
Nama Asing: Himalayan Mulberry, Sumatera Mulberry, King White Mulberry (Amerika), Chaang guo bai sang (cina), Mon luang (Thailaand). Murier long fruits (Prancis).
Bagikan :
Back To Top