Loading...
Loading...

Nama Latin Kayu Manis

Nama Lain atau nama Ilmiah Kayu manis adalah Cinnamomum verum. Cinnamomum verum merupakan kayu manis asli. Tanaman ini berasal dari Srilangka. Tapi hingga saat ini, Srilangkah masih merupakan negara penghasil kayu manis terbesar di dunia dengan pasokan sekitar 80%-90% pertahun. Kayu manis asli yang di sebut dengan istilah Ceylon ini (sebuatn untuk kayu manis asli) memiliki nilai jual yang mebih tinggi dibandingkan jenis kayu manis yang lain.
Kayu manis adalah tanaman tahunan, yang batangnya bisa mencapi ketinggian 15 meter dan besar yang tidak terbatas. Batang kayu manis yang sudah tua, memiliki warna yang bagus dan bisa di gunakan sebagai bahan furniture.
Kebanyakan Kayu manis yang di jual di pasar internasional berasal dari spesies kayu manis lain seperti kayu manis tiongkok (Cinnamomum cassia], kayu manis Vientnam (C.saigon) dan kayu  manis Indonesia ( C.burmannii). Namun persentase terbesar yang beredar di apsaran adalah kayu manis tiongkok, sementara kayu manis Indonesia, di jual dalam jumlah yang sangat kecil. Sebagai kayu manis asli, permintaan pasar terhadap Ceylon sangat tinggi, karena rasanya lebih kuat di bandingkan kayu manis lain, namun karena produksi tidak banyak dan harga mahal, maka sebagian besar kionsumen menggunakan kayumanis tiongkok.
Kayu manis atau cinnamon merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang populer digunakan dalam memasak sejak ribuan tahun yang lalu. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, bersifat hangat, dan rasa yang manis. Di pasaran, umumnya kayu manis di jual dalam bentuk gelondongan dan serbuk. Lebih sering pula di jual dalam bentuk paket sebungkus dengan cengkeh dan adas manis.
Secara kasat mata, sangat sulit membedakan antara kaayu manis asli dan kau manis sepsies lain. Kalau dalam pembicaraan, kayu manis asli di kenali melalui nama latinnya. Dalam klasifikasi Ilmiahnya, kayu manis memiliki genus yang sama yaitu Cinnamomum, hanya nama spesiesnya saja yang berbeda. Untuk kayu manis asli (ceylon) ini nama latinnya adalah Cinnamomun verum, berikut ini adalah Klasifikasi Ilmiahnya.

Klasifikasi Ilmiah Kayu Manis Asli (true Cinnamon)

Kingdom:    Plantae
Divisi  :         Magnoliphyta
Kelas:           Magnoliopsida
Ordo:            Laurales
Family:        Lauraceae
Genus:        Cinnamomum
Species:     Cinnamomun verum
Nama lain Kayu manis: Sepertinya kayu manis di kenal di berbagai belahan dunia sebagai kayu menis, meski terkadang spesiesnya berbeda, Sehinga jika ada orang menyebut kayu manis, jika tidak menyebut nama latinnya, maka kita bisa berasumsi kalau yang dia sebut adalah kayu manis spesies yang paling banyak di wilayah itu.
Bagikan :
Back To Top