Loading...
Loading...

Nama Latin Bawang Dayak

Nama Latin Bawang Dayak. Bawang Dayak memiliki nama Ilmiah Eleutherine americana. Bawang dayak  berasal dari daerah Amerika tropis yang menyebar keseluruh dunia dan akhirnya sampai ke Indonesia. Meski berasal dari Amerika, bawang ini lebih di kenal dengan sebutan bawang Dayak karena banyak di jumpai di daerah Dayak, pedalaman Kalimantan tengah dan merupakan salah satu jenis tanaman obat yang terkenal. Saat ini, tanaman bawang dayak memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena peminatnya banyak, terutama karena manfaatnya sebagai bahan obat tradisional.
Banyak resep obat herbal  yang menggunakan bawang dayak sebagai salah satu bahannya. Diantaranya: untuk mengobati kanker rahim, mengobati  Diabetes melitus, mengobati batu ginjal, bahkan obat herbal untuk orang terserang stroke salah satu bahannya menggunakan bawang dayak.
Selain sebagai bahan obat herbal, di beberpa negara seperti Thailand dan China, mereka juga menggunakan bawang dalam masakan tradisional. Bahkan di Thailand ada salad yang terubat dari bawang dayak.
Klasifikasi Ilmiah Bawang DayakBawang dayak merupakan tanaman semusim dari genus Eleutherine yang masih kerabat dekat dari bunga iris yang terkenal itu. Daunnya yang tunggal dan berbentuk pita dengan ujung dan pangkal yang runcing menjadi ciri tersendiri. Bunganya majemuk berwarna putih dengan kelopak genap serta benang sari berwarna kuning. Sekilas, tampilan bawang dayang hampir mirip dengan angrek tanah.  Tidak heran kalau tanaman bunga dayak ini juga bagus di jadikan tanaman hias .
Adapaun Klasifikasi Ilmiah Bawang Dayak adalah sebagai berikut:
Kerajaan:   Plantae
Filum :        Tracheophyta
Kelas:          Liliopsida
Ordo:          Asparagales
Famili:        Iridaceae
Genus:       Eleutherine
Spesies:    Eleutherine americana.
Nama Lain Bawang Dayak.
Bawang dayak juga sangat terkenal sebagai tanaman herbal di senatero Indonesia maupun luar negeri. Tapi tentu saja di tempat lain, dia di kenal dengan nama lain, Berikut adalah nama lokal dan nama asing bawang dayak
Nama Lokal: Bawang Sabrang / Teki sabrang (jawa), bawang kapal /marbawang-bawang (Sumatera utara), babawangan beureum (Sunda), Bawang hutan/bawang tiwai (kalimantan), Bawang berlian, bawang arab, dsb
Nama Asing: Mala-bawang/ahos-ahos/hagusahis (Filipina), horm daeng (thailand), ang chang(Tiongkok)
Bagikan :
Back To Top