Loading...
Loading...

Nama Latin Artichoke

Nama Latin Artichoke | Cynara Scolymus. Artichoke atau Artikok memiliki nama latin Cynara Scolymus. Seperti tanaman dari genus Cynara pada umumnya, Artichoke juga kayak akan Cynarin yang merupakan konstituen kimia dari Cynara. Kandungan Cynarin pada artichoke banyak di temukan di pulp pada daun. Batang dan juga dan daun kering juga masih mengandung Cynarin meski dalam jumlah yang relatif lebih sedikit.
Tumbuhan Artichoke / artikok ini berasal dari Mediterania dan dibudidayakan sebagai makanan. Bagian yang dapat di makan dari tanaman Artichoke adalah kuncup bunga yang hampir mekar. Bunga Artichoke memiliki banyak kelopak, saat masih kuncup semua kelopak menutup, sepintas kalau kita amati dari jauh, bunga Artichoke yang masih kuncup ini mirip dengan buah Srikaya. Bunga yang masih kuncup inilah yang bisa di makan, karena memiliki tekstur yang lembut. Tapi begitu bunga mekar, maka struktur berubah kasar dan tidak lagi bisa di makan. Kalau dilihat dari warna kuncup, artichoke terdiri dari tiga jenis, yaitu artichoke yang bewarna hijau, ungu dan putih.


Klasifikasi Ilmian tumbuhan Artichoke / Artikok

Kingdom: Plantae
Divisi : Angiospermae
Sub divisi : Eudicot
Kelas : Asteridae
Ordo : Asterales
Famili: Asteraceae
Suku : Cynareae
Genus : Cynara
Species : Cynara scolymus  (C. scolymus)
Artichoke yang biasa populer di sebut dengan istilah Globe Artichoke ini awalnya di kenal sebagai tanaman hias. Karena bunganya saat mekar terlihat indah dan menawan dan bagus. Sangat tepat untuk di tanam di taman. Di Benua asalnya, Eropa, sayuran kuncup bunga artichoke masih tergolong makanan mewah, karena hanya bisa di temukan di restoran-restoran dan hotel-hotel berbintang. Harga Artichoke yang mahal sangat sesuati dengan kandungan gizinya yang menurut para ahli sangat tinggi.
Tanaman Artichoke dapat berkembang biak secara generatif maupun vegetatig. Karena bunga yang telah mekar akan menghasilkan biji yang dapat di semaikan. Sementara perkembabiakan vegetatif dapat berasal dari perbanyakan kultur jaringan ataupun stek akar. Tanaman Artichoke tergolong dalam  kelompok Parennial Crops (tanaman sayur menahun) seperti halnya rebung, asparagus, sea kale, dll.
Bagikan :
Back To Top