Loading...
Loading...

Nama Latin Akar Kuning

Nama latin Akar Kuning  adalah Arcangelisia flava. Tumbuhan akar kuning ini di percaya dapat menyembuhkan penyakit kuning. Karena kayunya berwarna kuning, tumbuhan ini juga sering di sebut dengan nama Kayu Kuning. Meski sama-sama di sebut dengan istilah Akar kuning, akar kuning Arcangelisia flava sangat berbeda dengan akar kuning Fibraurea tinctoria L. Umurnya jika ada yang menyebut akar kuning, maka yang di maksud adalah tumbuhan akar kuning yang bernama latin Arcangelisia flava yang oleh sebagian orang di sebut nama Kayu Kuning.
Akar kuning merupakan tumbuhan Liana, panjang sampai 10-20 m, hidup pada dataran rendah di pantai berbatu atau tepi-tepi hutan hingga di dataran tinggi +/- 1000 m di atas permukaan laut (dpl).  Batang bulat, membelit, kasar, berwarna coklat kehitaman, dan kayunya berwarna kuning cerah. Daun tunggal, tersebar, berseling, tangkai silindris, pangkal membulat, panjang 10-20 cm. Daunnya tebal dan kuat seperti kulit, berbentuk oval, merucing di bagian ujung tapi tidak tajam. Lebar daun 7 cm sampai 20 cm. Permukaan daun mengkilap dan tangkainya panjang. Bunganya berumah dua dengan ukuran kecil-kecil tersusun dalam rangkaian berupa glabrous 20 cm sampai 50 cm, tajuk bercuping putih kehijauan atau putih kekuningan.
Akar kuning memiliki buah yang juga berwarna kuning berbiji besar dan pipih dapat di gunakan untuk membius ikan. Kayunya juga berwarna kuning bermanfaat untuk mengobati penyakit kuning, pencernaan, cacingan, obat kuat/tonikum, deman, peluruh haid dan sariawan.


Klasifikasi Tumbuhan Akar Kuning
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Ranunculales
Famili: Menispermaceae
Genus: Arcangelisia
SpesiesArcangelisia flava Merr
Tumbuhan Akar kuning di kenal dengan berbagai nama yang berbeda di beberapa daerah. Nama-nama lain tersebut antara lain:
Nama lokal: Albutra, tali kuning, daun bulan (Indonesia); areuy ki koneng, oyod sirawanan (Jawa); peron (Jawa); uwas (Minahasa); gumi modoku (Halmahera); katola (Sulawesi Tenggara)
Nama asing: Yellow-fruited moonseed, abutra, albotra, alibodra, butl, lagtal, khamln khruea (Thailand); fu shan long (Cina
Bagikan :
Back To Top