Loading...
Loading...

Nama latin Ajeran

Nama latin tumbuhan Ajeran | Bidens pilosa.  Ajeran merupakan tumbuhan yang berasald ari wilayah tropis Amerika selatan dan memiliki nama latin Bidens pilosa. Ajeran tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis sebagai gumla dan tumbuhan liar.  Tumbuhan ini dapat hidup di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 2.500 di atas permukaan laut.  Sangat mudah berrkembang biak dan terkadang sangat menganggu terutama di areal pertanian, karena tanaman ini mempunyai sifar mempengaruhi dan mengolonisasi tanaman di sekitarnya. DI indonesia, tumbuhan ini dapat di temukan di hampir semua  wilayah di kepulauan Indonesia, kecuali Kalimantan dan Maluku.
Seperti tumbuhan perdu pada umumnya, tumbuhan ini hidup berkelompok membemtuk semak dengan ketinggian antara 1-2 meter. Batangnya berbentuk segi empat dengan sudut tajam dan memiliki banyak cabang. Daunnya pinnate-majemuk, menyirip dan memiliki anak daun antara 3-5.  Pinggiran daun bergigi dan tangkai daun agar terlihat agak bersayap. Bunga muncul di ujung batang dengan kelopak bewarna putih dan benang sari berwarna kuning. Berkembang biak dengan biji yang ramping dan meyerupai jarum pada ujungnya.  Tidak banyak orang yang suka dengan tumbuhan ini, karena bijinya yang yang seprti jarum itu sangat mudah menempel pada kaos kaki/celana.
Sebagai gulma, tumbuhan ini seringkali tidak di anggap sebelah mata. Meski sebenarnya tanman ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan. Di Indonesia tanaman ini di kenal dengan berbagai nama, diantaranya: Acerang (sunda) ketul, ambong-ambong, jaringan (jawa) lanci thuwa (madura). Sementara di dunia tanaman ini di kenal dengans ebutan xian feng cao (cina), black jack (afrika) spanish needle, water marigold, cobbler’s pegs (amerika), pisau-pisau (filipina,) puen moksai (thailand) dan kancing baju (malaysia).


Klasifikasi tumbuhan Ajeran – Bidens pilosa
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Bidens
SpesiesBidens pilosa L.
Bagikan :
Back To Top