Loading...
Loading...

Nama Latin Adam Hawa

Nama Latin tumbuhan Adam Hawa adalah Rhoeo discolor.  Adam hawa adalah nama populer tumbuhan  yang di Indonesia di kenal dengan banyak nama, antara lain adalah Nanas kerang, bangka-bangkaan, atau Sasongkokan.  Tanaman ini memiliki daun seperti daun  nanas, hanya saja tidak berduri dan mengandung banyak air.  Daun memeluk batang dengan lebar sekitar 3-6 cm dan panjang sekitar 30 cm. Permukaan daun bagian atas berwarna Hijau pekat tapi bagian dawah daun berwarna merah keungguan. Batang tanaman Adam hawa kasar, tapi tidak berbulu atau berambut, warnanya kecoklatan dan tidak bercabang serta mengandung banyak air.
Adam hawa merupakan tumbuhan asli Meksiko bag selatan, Amerika tengah dan karibia. Tumbuhan ini tergolongg tumbuhan parennial atau tahunan. Tumbuhan ini dapat berkembang biak dengan biji ataupun dengan stek batang.  Perkembangbiakannya sangat mudah dan kemungkinan tumbuhnya sangat tinggi. pada kondisi media tanam yang minim unsur harapun , tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik, tidak membutuhkan perawatan yang intensif bahkan dapat tumbuh sebagai tumbuhan epifit jika kondisi lingkungan mendukung. Tanaman ini sangat bagus jika di jadikan sebagai tanaman penutup tanah.
Adam hawa merupakan kelompok tumbuhan dari keluarga Commelinacease.  Berikut ini adalah klasifikasi tumbuhan Adam hawa berikut nama Latin dan nama Ilmiahnya.
Nama Latin dan Klasifikasi Adam hawa
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Commelinales
Famili: Commelinaceae
Genus: Rhoeo
SpesiesRhoeo discolor
Selain sebagai tanaman hias, Adam Hawa di Indonesia di kenal juga sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit berbagai jenis penyakit batuk. Tanaman ini banyak mengandung flavanoid, terpenoid bahkan steroid. Seperti  tanaman dari kelas Commelina lainnya, Adam hawa juga mengandung senyawa p-coumaroyl-delphinidin 3,5-diglukoside.  Penelitian dari berbagai belahan dunia oleh para ahli di bidangnya berhasil meyimpulkan kalau tumbuhan ini  bermanfaat sebagai antioksidan, antitumor dan antimutangenik.
Selain disebut sebagai tumbuhan nanas kerang, Sangsongkoan dan lain-lain, di beberapa negara, tumbuhan ini juga di kenal dengan nama berbeda, diantaranya:
    • Oyster plant
    • Daun Kepah
    • Kuku Jin (malay)
    • Bangka-bangkaan (Fil)
    • Cradle Lily

  • Boat Lily
  • Baglanhua(Cina)
  • Barquilla (meksiko)
  • Mee-kwin-gamon(Myanmar), dll
Bagikan :
Back To Top